Processor Intel i7 4760HQ (Seri 4700)


Cara Kerja Processor Intel i7 4760HQ  (Seri 4700)

Prosessor dalam bahasa kasarnya adalah otak dari computer. Prinsip cara kerja setiap processor dari awal dibuat hingga sekarang ialah sama. Cara kerja processor adalah menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memerintahkan prosessor apa yang harus dilakukan. Ada 3 fungsi prosessor dalam hal dasar :

  1. Menggunakan ALU (Aritmatic Logic Unit) bertugas melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan , pengurangan, perkalian, dan pembagian mikro prosessor modern mengandung floating poin unit yang mampu melakukan operasi yang sangat komplek paada angka yang besar.
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi lainya.
  3. Mengambil keputusan dan melompaat ke instruksi lain sesuai keputusan itu.

Setiap chip prosessor computer sekarang ini adalah kepingan yang terukir dengan skala nanometer, membentuk miliaran transistor secara bersama-sama membentuk prosessor dari computer. Produsen chip telah mencapai batas dalam hal jumlah transistor yang terdapat pada chil silicon dan tidak membuatnya menjadi chip multicore. Terdapat dua ,empat atau enam chip yang bekerja dan terkordinasi pada processor saat ini. Disain multicore ini telah membantu pembuatan chip seperti intel melewati hambatan clocking  frekuensi dan memciptakan chip lebih cepat.


Chip prosessor ini adalah otak dari computer yang fungsi utamanya adalah mengontrol sebuah atifitas computer itu sendiri.

Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.

Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM. Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU.

Processor hanya dapat mengenali bahasa mesin yaitu dengan notasi bilangan biner yang hanya berupa 2 angka saja yaitu 0 dan 1. Bilangan biner merupakan notasi untuk perangkat elektronik di mana bilangan nol (0) menandakan tidak terdapat sinyal listrik dan bilangan satu (1) menandakan adanya sinyal listrik.

Fitur Andalan Processor Intel i7 4760HQ  (Seri 4700)

Processor ini juga bisa disebut atau mempunyai code name Nehalem . Nehalem adalah keluarga micro-arsitektur prosesor Intel generasi terbaru dan revolusioner yang dibuat dengan menggunakan proses transistor 45nm dan Hi-K metal-gate. Nehalem memiliki banyak fitur yang baru dan berbeda jika dibandingkan dengan keluarga prosesor berbasis Core micro-architecture (Core 2 Duo, Core 2 Quad).

Fitur Processor berbasis Nehalem micro-architecture:
  • 4 core (quad-core), 8-thread
  • Simultaneous Multi-threading (Hyper-threading) Technology
  • Cache memory tiga level (64KB L1 Cache, 256KB L2 Cache & 8MB Shared L3 Intel® Smart Cache)
  • Integrated Memory Controller, yang mendukung hingga 3-channel DDR3 1066/1333MHz memory, 2-DIMM per channel
  • Intel® Quick Path Interconnect technology
  • Intel Turbo Boost Technology
  • Intel Streaming SIMD Extensions (SSE) 4.2

SMT atau Hyper-threading adalah teknologi yang memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem ini untuk dapat memproses 2-thread instruction sekaligus secara simultan. Jadi dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan multi-tasking

Quick Path Interconnect (QPI) merupakan teknologi interkoneksi antara prosesor dengan chipset yang menggantikan teknologi Front Side Bus (FSB) yang digunakan pada generasi prosesor Intel sebelumnya. Teknologi QPI ini memberikan kecepatan dan bandwidth koneksi yang jauh lebih besar daripada teknologi FSB.

Intel Turbo Boost Technology adalah teknologi yang secara otomatis memungkinkan setiap core pada prosesor berbasis Nehalem untuk berjalan pada clock yang lebih tinggi dari spesifikasi apabila kita menjalankan program aplikasi single-threading sehingga kinerja yang dicapai sama baiknya dengan aplikasi yang telah multithreading.

Block Diagram Processor Intel i7 4760HQ  (Seri 4700)

A block diagram of the Core i7 system architecture.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

REST API CodeIgniter 4 CRUD