ISD Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum
Kata Pengatar
Ilmu
Pengetahuan selalu berkembang pada tingkat yang lebih tinggi dan memberikan
kemajuan yang sangat signifikan. Cabang ilmu pengetahuan cukup banyak, pada
kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang ilmu social. Bahkan pada
bidang ilmu social ada percabangannya lagi yakni ilmu pengetahuan sosial dan
ilmu social dasar. Dan penulis juga akan menyinggung sedikit tentang cabang
pengetahuan yang lain seperti pengetahuan ilmu pasti.
Saya
berharap, semoga makalah ini membantu menambah wawasan pembaca dan juga kita
semua dapat berprilaku dengan baik karena kita sudah memilki ilmu serta dapat
menyelesaikan masalah yang ada di lingkuangan kehidupan kita dengan cara yang
tepat. Dengan segala kerendahan hati, saya mohon maaf jika penjelasan dalam
makalah ini kurang baik. Untuk kemajuan, saya sangat terbuka jika ada yang
berkenan memberikan kritik dan saran.
Depok,
16 Maret 2015
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
Pokok Bahasan ISD Sebagai Salah
Satu Mata Kuliah Dasar Umum 1
Sub
Pokok 1 Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS 2
A. Pengertian
Ilmu Sosial Dasar 2
B. Tujuan
Ilmu Sosial Dasar 4
C. Pengertian
IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) 4
D. Tujuan
Pembelajaran Ilmu Sosial 5
E. Terdapat
3 Kelompok Ilmu Pengetahuan 6
Sub
Pokok 2 ISD dan IPS 8
A. Perbedaan
antara ISD dan IPS 8
B. Persamaan
antara ISD dan IPS 8
Sub
Pokok 3 Ruang Lingkup ISD 9
A. Terdapat
3 golongan bahan pelajaran ISD 9
Kesimpulan 10
A. Hakekat
Ilmu Sosial Dasar 10
B. Fungsi
Ilmu Sosial Dasar 10
Daftar
Pustaka 12
Pokok Bahasan
ISD Sebagai
Salah Satu Mata Kuliah Dasar Umum
Mata kuliah dasar
umum atau Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang
mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan
di dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa
dibilang penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan. Adapun mata
kuliah dasar ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada
tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan
sebagainya(1). Hal ini menjadi penting agar seorang mahasiswa lulusan perguruan
tinggi memiliki keseimbangan dalam berpikir dan bertindak. Hal ini merupakan
suatu rangkaian untuk mencapai 3 kemampuan yang diharapkan dari lulusan
perguruan tinggi, yaitu :
- Memiliki kemampuan profesionalisme: nilai, dan sikap yang memungkinkannya berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam proses politik; Memiliki kemampuan, etos kerja, dan disiplin kerja yang memungkinkannya aktif dan produktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekonomi.
- Memiliki kemampuan akademis: sikap ilmiah untuk dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kemampuan penelitian dan pengembangan;
- Memiliki kemampuan personal: kepribadian yang mantap, berkarakter, dan bermoral, serta berakhlak mulia(2).
Selanjutnya, untuk mewujudkan semua itu
maka perlulah pula ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah satu dari mata kuliah
dasar umum (MKDU) . Sistem pendidikan kita menjadi suatu yang elit bagi
masyarakat kita sendiri sehingga kurang akrab dengan linkungan masyarakat,
serta tidak mengenali dimensi-dimensi lain diluar disiplin ilmunya merupakan
suatu sebab yang melatarbelakangi perlunya ISD di dalam pelaksanaan pendidikan
kita.
Sub Pokok 1
Pengertian, Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan
Sosial
A. Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar
adalah ilmu yang mempelajari tentang masalah manusia dan kebudayaan khusnya
yang berada di indonesia. Dan Ilmu sosial dasar juga salah satu ilmu
pengetahuan yang mempelajari tentang masalah sosial didalam masyarakat yang
menggunakan teori-teori (fakta,teori, konsep) dalam pencarian bukti-bukti
dilapangan, dan berasal dari beberapa
bidang ilmu pengetahuan, yaitu: Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial,
Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
·
Ilmu Sosial Dasar juga bukan merupakan gabungan dari
berbagai macam ilmu sosial yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak
memiliki objek materi ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan suatu
penelitian ilmu
·
Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang
sosial manusia di dalam lingkungan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ilmu
ada 2 Pengertian :
1. Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu
bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat
digunakan untuk menerapakan gejala-gejala di bidang (pengetahuan)tertentu.
2. Ilmu adalah sebagai pengetahuan atau
kepandaian tentang soal duniawi, akhirat, lahir, bathin, danlain-lain.
Pengertian Sosial Menurut Beberapa Ahli
1. LEWIS
Sosial adalah sesuatu yang dicapai, dihasilkan dan
ditetapkan dalam interaksi sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya
2. KEITH JACOBS
Sosial adalah sesuatu yang dibangun dan terjadi dalam sebuah
situs komunitas
3. RUTH AYLETT
Sosial adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan
namun tetap inheren dan terintegrasi
4. PAUL ERNEST
Ilmu Sosial Dasar adalah lebih dari sekedar jumlah manusia
secara individu karena mereka terlibat dalam berbagai kegiatan bersama
5. PHILIP WEXLER
Ilmu Sosial Dasar adalah sifat dasar dari setiap individu
manusia
6. ENDA M. C
Ilmu Sosial Dasar adalah cara tentang bagaimana para
individu saling berhubungan
7. LENA DOMINELLI
Ilmu Sosial Dasar adalah merupakan bagian yang tidak utuh
dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang
bersifat rapuh di dalamnya
8. PETER HERMAN
Ilmu Sosial Dasar adalah sesuatu yang dipahami sebagai suatu
perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan
9. ENGIN FAHRI
Ilmu Sosial Dasar adalah sebuah inti dari bagaimana para
individu berhubungan walaupun masih juga diperdebatkan tentang pola berhubungan
para individu
Dari
pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar adalah
suatu ilmu yang mempelajari atau memperdalam persoalan sosial yang ada di
lingkungan masyarakat yang berupa Fakta dari berbagai bidang pengetahuan
ilmu-ilmu sosial yakni bidang Ekonomi, Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi,
Psikologi Sosial.
B. Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan dari
ilmu sosial dasar adalah agar dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian
umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah
manusia dan kebudayaan. Dan juga untuk mengembangkan kepribadian individu
dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritis terhadap
nilai-nilai budaya. Sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial Dasar
mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa seperti :
a. Memahami dan
menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial
yang ada dalam masyarakat.
b. Peka terhadap
masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam
usaha-usahamenanggulanginya.
c. Menyadari bahwa
setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan
hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan
pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi
dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat.
C. Pengertian IPS
(Ilmu Pengetahuan Sosial)
Ilmu
Pengetahuan Sosial atau Ilmu sosial ( Sosial Science) adalah sekelompok
disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia
dan lingkungan sosialnya, ilmu ini menekankan penggunaan metode ilmiah dalam
mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan metode kualitatif. Berbeda
dengan ilmu sosial secara umum IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara
mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap mayarakat. Karena
sifatnya penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, di Indonesia IPS dijadikan
sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah
tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat diatasnya mulai dari
sekolah menengah tingkat atas dan perguruan tinggi, ilmu sosial di pelajari
berdasarkan cabang- cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas
yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.
D. Tujuan pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)
a. Memiliki kesadaran dan kepedulian
terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai
sejarah dan kebudayaan masyarakat.
b. Mengetahui dan memahami konsep dasar
dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang
kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial.
c. Mampu menggunakan model-model dan
proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah
yang berkembang di masyarakat.
d. Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan
masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya
mampu mengambil tindakan yang tepat.
e. Mampu mengembangkan berbagai potensi
sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian
bertanggung jawab membangun masyarakat. pengembangan keterampilan pembuatan
keputusan.
f. Memotivasi seseorang untuk bertindak
berdasarkan moral.
g. Fasilitator di dalam suatu lingkungan
yang terbuka dan tidak bersifat menghakimi.
h. Mempersiapkan siswa menjadi warga
negara yang baik dalam kehidupannya “to prepare students to be
well-functioning citizens in a democratic society” dan mengembangkan
kemampuan siswa mengunakan penalaran dalam mengambil keputusan pada setiap
persoalan yang dihadapinya.
i.
Menekankan perasaan, emosi, dan derajat penerimaan atau
penolakan siswa terhadap materi Pembelajaran IPS yang diberikan.
E. Terdapat 3
Kelompok Ilmu Pengetahuan
Berdasarkan yang ada dari buku-buku besar yang
dijadikan sumber dan patokannya ilmu pengetahuan
dibagi menjadi tiga yaitu :
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu
pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan dan
ilmu pengathuan alam dibagi menjadi beberapa pecahan seperti :
a. Bilogi adalah yang mempelajari tentang
mahkluk hidup seperti manusia,hewan,tumbuhan dan mempelajari organ-organ dalam
mahkluk hidup demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap
mahkluk hidup yang mempunyai banyak manfaat misalnya agar kita dapat mengetahui
penyakit-penyakit yang ada didalam organ tubuh manusia dll.
b. Kimia adalah ilmu yang mempelajari
jenis-jenis bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari kimia mempelajari
hasil yang diperoleh dari alam seperi emas, minyak bumi, garam, asam, batu
bara, dan masih banyak lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan
juga mengetahui hasil alam lainnya dengan itu bisa menemukan produk baru dari
hasil percobaan yang nantinya akan berguna bagi manusia, hasil produk misalya
seperti bensin yang digunakan manusia untuk bahan bakar kendaraan bermotor.
c. Fisika adalah ilmu yang memepelajari skala perbandingan
yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam perhitungannya
didalm proses perhitungannya fisika banyak menggunakan satuan dan juga masa
jenis didalam kehidupan. ilmu fisika pun sangat lah banyak kuntunganya
contoh:seperti dalam pembuatan pesawat terbang,pasti saat membuat pesawat
terbang akan selalu menghitung tingkat kestabilan kerangka,kekuatan kerangka
dan tekanan angin yang akan diterima tubuh pesawa dan itu dilakukan agar
pesawat dapat terbang dengan stabil dan aman.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Ilmu
pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau
nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan suatu
kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama manusia
dan didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu seperti:
sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainya.
a. Sejarah adalah ilmu yang mempelajari
tentang kehidupan dari masa lampau dari ilmu ini kita dapat mengetahui tentang
bagaimana cara kehidupan dimasa lalu yang berlangsung dari mulai cara mereka
melangsungkan kehidupannya dari mulai alat-alat yang digunakan mereka untuk melakukan kegiatannya, dan
mengetahui cara berpikirnya dan pola berkembang.
b. Geografi ilmu yang mempelajari tentang
letak suatu daerah dan astronominya ilmu ini sangat berguna untuk menegathui
letak-letak daerah dan gejala-gejala alam.
c. Ekonomi adalah sebuah ilmu yang
menggunakan perhitungan dalam menjalankan sebuah kegiatan agar semuanya
bisa berjalan dengan lancar dan tepat.
Ilmu Pengetahuan Budaya
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu
pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti
membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti
(Teologi, Filsafat,H ukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik
(Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya
Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi
dalah kehidupan sehari - hari dalam manusia.
Sub Pokok 2
ISD dan IPS
A. Perbedaan antara
ISD Dan IPS
Ilmu Sosial Dasar
dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya mempunyai perbedaan diantaranya :
1.
Ilmu Sosial Dasar diberikan pada saat di Perguruan Tinggi,
sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada saat di Sekolah Dasar dan Sekolah
Lanjutan.
2.
Ilmu Sosial Dasar merupakan matakuliah tunggal, sedangkan
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran(untuk
sekolah lanjutan).
3.
Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan
kepribadian,sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pengetahuan dan
keterampilan intelektual.
B. Persamaan Antara ISD dan IPS
Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial kedua-duanya
mempunyai persamaan diantaranya :
1.
Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan
pendidikan/pengajaran.
2.
Keduanya bukan ilmu disiplin yang berdiri sendiri.
3.
Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial
dan masalah sosial.
Sub Pokok 3
Ruang Lingkup ISD
A. Terdapat 3 Golongan Bahan Pengajaran ISD
Ilmu sosial dasar
adalah ilmu yang didefinisikan berdasarkan nilai penduduk/masyarakat yang
bertempat di satu wilayah/ Negara yang dapat menilai, menyimpulkan, dan juga
menganalasis suatu permasalahan yang berada di sekelilingya dengan cara
bersosialisai,yang terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu: (fakta, konsep,
dan teori) nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial
,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.disetiap masalah pasti ada jalan
keluarnya bagaimanapun itu caranya pasti ada saja yang menemukannya, melihat
dari adanya fakta, maka dari itu didalam Ilmu sosial dasar terdapat tiga
golongan bahan pelajaran seperti dibawah ini.
- Nilai yang menjadikan sebuah masalah masyarakat yang menjadi keprihatinan publik yang harus segera diselesaikan karena apa bila tidak diselesaikan keributan tersebut akan ke wilayah masyarakat yang belum pernah menghadapi masalah seperti itu maka akan merusak lingkungan tersebut.
- Menangani sebuah permasalahan yang timbul akibat disengaja atau pun tidak disengaja kita harus bisa mempelajari masalah tersebut agar tidak muncul masalah yang sama dengan tingkat kerumitan yang berbeda.
- Sesuatu yang keterkaitannya dengan masalah yang berhubungan dengan masalah yang satu dengan masalah yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah untuk mencari sumber masalahnya apa bila semuanya memiliki keterkaitan dalam sumber yang sama.
Kesimpulan
A. Hakikat Ilmu
Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbale
balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan
kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya.
Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan
dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala
sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi
lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidanmg keahlian ilmu-ilmu sosial
tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan
pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu
politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.
B. Fungsi Ilmu Sosial Dasar
Dari
penjelasan tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai fungsi dari Ilmu
Sosial Dasar itu sendiri terhadap Mahasiswa dan Mahasiswi, diantaranya ialah:
a. Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam
masyarakat.
Maksudnya adalah kita sebagai Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan mampu
mengidentifikasi dan juga menelaah baik kenyataan-kenyataan sosial yang terjadi
di lingkungan sosial kita maupun masalah-masalah sosialnya.
b. Peka terhadap masalah-masalah sosial
dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya. Mahasiswa dan Mahasiswi diharapkan
mampu mengantisipasi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam lingkungan
sosial mereka, dan tanggap dalam upaya penanggulangan masalah-masalah tersebut.
c. Menyadari bahwa setiap masalah sosial
yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu menyadari
tingkat kerumitan dalam setiap masalah sosial yang terjadi, dimana Mahasiswa
dan Mahasiswi hanya dapat melakukan pendekatan pembelajaran dalam masalah
tersebut secara kritis-interdisipliner.
d. memahami jalan pikiran para ahli dari
bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat. Mahasiswa dan Mahasiswi mampu memahami
teori para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain sehingga dapat berkomunikasi
dengan baik terhadap para ahli tersebut dalam upaya penanggulangan masalah
sosial yang timbul dan terjadi dalam masyarakat.
Daftar Pustaka
Sumber :
https://ervannur.wordpress.com/2010/09/26/isd-sebagai-salah-satu-mkdu/
Komentar
Posting Komentar
Mari tukar pendapat, tapi jangan tukar pendapatan ;)