Pengetahuan Teknologi Internet dan New Media


Definisi

Sebuah pengetahuan yang mempelajari tentang teknologi internet, dimana teknologi ini merupakan sebuah penghubung antar sesama manusia dalam cangkup seluruh dunia. Dengan adanya internet ini timbul media baru yang dapat memberikan informasi yang lebih cepat dan efisien.

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET [Advanced Research Project Agency Network], di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).



Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat [US Department of Defense] membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Dan gabungan kedua jaringan tersebut, akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Konsep New Media

Kosep Dasar New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas:
  1. Media baru versus Cyberculture, Cyberculture adalah berbagai fenomena sosial yang berkaitan dengan internet dan jaringan komunikasi (blog, online multi-player game), sedangkan New Media adalah lebih peduli dengan benda-benda budaya dan paradigma (digital untuk televisi analog, iPhone).
  1. New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi, New Media adalah obyek budaya yang menggunakan teknologi komputer digital untuk distribusi dan pameran. misalnya (setidaknya untuk sekarang) internet, situs Web, multimedia komputer, Blu-ray disk dll Masalah dengan hal ini adalah bahwa definisi harus direvisi setiap beberapa tahun. Istilah "media baru" tidak akan "baru" lagi, karena kebanyakan bentuk budaya akan didistribusikan melalui komputer.
  1. New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software, Bahasa New Media didasarkan pada asumsi bahwa, pada kenyataannya, semua benda budaya yang mengandalkan representasi digital dan komputer-berbasis pengiriman melakukan berbagi sejumlah kualitas umum. Media baru dikurangi menjadi data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak sebagai data lainnya. Sekarang operasi media dapat membuat beberapa versi dari objek yang sama. Contohnya adalah gambar disimpan sebagai data matriks yang dapat dimanipulasi dan diubah sesuai dengan algoritma tambahan yang diimplementasikan, seperti inversi warna, abu-abu-skala, mengasah, rasterizing, dll
  1. New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak, "Media Baru hari ini dapat dipahami sebagai campuran antara konvensi budaya yang lebih tua untuk representasi data, akses, dan manipulasi dan konvensi terbaru dari representasi data, akses, dan manipulasi itu. "tua" Data adalah representasi dari realitas visual dan pengalaman manusia, dan "baru" Data adalah data numerik komputer ini terus keluar dari tombol "kreatif" keputusan, dan didelegasikan kepada posisi teknisi.. " misalnya Dalam film, perangkat lunak digunakan di beberapa daerah produksi, dalam diri orang lain dibuat menggunakan animasi komputer.
  1. New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi, "Sementara kiasan ideologis memang tampaknya akan muncul kembali lebih teratur, strategi estetik banyak mungkin muncul kembali dua atau tiga kali. Agar pendekatan ini akan benar-benar berguna itu tidak akan cukup untuk hanya nama strategi dan kiasan dan untuk merekam momen penampilan mereka, melainkan kita harus mengembangkan analisis yang komprehensif banyak lagi yang berkorelasi sejarah teknologi dengan sosial, sejarah politik, dan ekonomis atau periode modern. "
  1. New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain, Komputer adalah mempercepat-besar apa yang sebelumnya teknik manual. kalkulator misalnya. "Secara dramatis mempercepat eksekusi membuat mungkin sebelumnya tidak ada teknik yang representasional." Hal ini juga memungkinkan banyak bentuk-bentuk baru seni media seperti multimedia interaktif dan permainan komputer. "Pada satu tingkat, sebuah komputer digital modern hanyalah sebuah kalkulator cepat, kita tidak harus mengabaikan identitas lainnya. Yang dari alat kontrol sibernetik"
  1. New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis. New Media sebagai Metamedia, Manovich menyatakan bahwa tahun 1920 lebih relevan dengan New Media daripada jangka waktu lainnya Meta-media yang bertepatan dengan postmodernisme dalam bahwa mereka berdua bekerja mengolah tua daripada menciptakan yang baru bekerja. Media baru avant-garde "adalah tentang cara-cara baru untuk mengakses dan memanipulasi informasi" (hypermedia misalnya, database, mesin pencari, dll). Meta-media adalah sebuah contoh bagaimana kuantitas dapat berubah menjadi kualitas seperti dalam teknologi media baru dan teknik manipulasi dapat "recode estetika modernis menjadi estetika postmodern sangat berbeda."
  1. New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern, Pasang Seni Perang Dunia II atau "kombinatorik" melibatkan menciptakan gambar dengan sistematis mengubah parameter tunggal. Hal ini mengarah pada penciptaan atau gambar sangat mirip dan struktur spasial. "Ini menggambarkan bahwa algoritma, ini bagian penting dari media baru, tidak tergantung pada teknologi, tetapi dapat dijalankan oleh manusia."
Penjelasan tentang :

Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antarjaringan).

Pengguna internet

Pengguna internet biasa disebut dengan netter. Dalam penggunaan internet terdapat beberapa bidang. Salah satunya sebagai bidang bisnis, penyebaran berita, permainan, dan multimedia.

Contoh pada bidang bisnis yaitu seperti toko online yang belakang ini sedang marak-maraknya, kalian juga pasti tahu contoh toko online kan? Yaps seperti lazada, tokopedia, olx dan masih banyak lagi.

Contoh pada bidang penyebaran berita yaitu seperti okezone, liputan6, jpnn dan masih banyak lagi. Dengan adanya website berita ini kita dapat mengetahui kapan dan dimana saja berita yang uptodate.

Contoh pada bidang permainan, dalam hal ini merupaka permainan yang dilakukan secara online karena menggunakan internet. Seperti game Point Blank, Battle Squad, Dota2, EOS dan banyak lagi. Permainan-permainan ini dilakukan secara online sehingga jika kalian ingin bermain tidak perlu bertemu secara langsung dengan lawan kalian.

Terakhir pada bidang multimedia yaitu seperti youtube yang menyediakan konten berupa video dari belahan dunia, gudanglagu yang menyediakan konten lagu-lagu beserta liriknya dan lain-lain.

Penerapan new media

Pada penerapannya saya akan mengambil satu contoh yaitu mengenai toko online. Sebelum jaman seperti sekarang ini orang-orang yang ingin berjualan harus memiliki modal untuk menyewa ruko, memilih ruko yang strategis dan memperhatikan kenyamanan serta keamanan lingkungan sekitar ruko tersebut. Dengan hadirnya toko online sebagai solusi bagi kalian yang ingin mencoba untuk buka usaha jadi kalian tidak perlu memperhatikan hal-hal yang tadi.

Yang kalian perlukan hanya modal pengetahuan dan paket internet ^,^, kenapa saya katakan pengetahuan karena jika kalian tidak membekali diri dengan pengetahuan kalian tak akan bisa mengelola toko online yang akan menjadi tempat usaha kita. Karena online ya sudah jelas kita membutuhkan internet, bisa modal beli sendiri paketnya atau nyari spot wifi gratis :D

Nah bagi kalian yang tertarik ingin membuat sebuah toko online bisa cari sendiri tutorialnya di google atau mengikuti kursus. Ohya recomend dari saya sih buat yang awam pakai aja wordpress woocommerce, disana udah ada fitur-fitur yang mempermudah bagi kalian dalam pembuatannya.

Manfaat new media
  • Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
  • Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop.
  • Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video, dll.
  • Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan biaya tersebut bisa lebih diminimalisir.

Komponen new media

Komponen yang terlibat dalam terbentuknya media baru adalah masyarakat dimana adanya tindakan masyarakat yang membuat seseorang atau beberapa pihak mencoba mempermudah sesuatu yang rutin dilakukan oleh masyarakat. Contoh new media didalam internet yang digunakan masyarakat sebagai kebutuhan sehari-hari adalah berita elektronik, pesan elektronik, pembelanajaan elektronik, jual beli online dan lain sebagainya. Mungkin beginilah alur terbentuknya new media.

Pandangan new media

Menurut pandangan saya new media merupakan sebuah inovasi yang bagus, karena kita dapat memperoleh informasi yang kita inginkan dengan cepat dan mudah. Semua itu harus didukung dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, itulah jantung dari New Media. Dengan adanya New Media ini kita bukan hanya memperoleh tetapi kita dapat berbagi informasi yang mungkin dibutuhkan oleh seseorang.

Aplikasi new media

Beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu:
  • google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
  • CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
  • Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book)

Digital Television (Televisi Digital)

Televisi digital atau DTV adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi. Televisi digital merupakan alat yang digunakan untuk menangkap siaran TV digital, perkembangan dari sistem siaran analog ke digital yang mengubah informasi menjadi sinyal digital berbentuk bit data seperti komputer.

Digital

Televisi digital (bahasa Inggris: Digital Television, DTV) atau penyiaran digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal video, audio dan data ke pesawat televisi. TV Digital bukan berarti pesawat televisinya yang digital, namun lebih kepada sinyal yang dikirimkan adalah sinyal digital atau mungkin yang lebih tepat adalah siaran digital (Digital Broadcasting). Televisi resolusi tinggi atau high-definition television (HDTV), yaitu: standar televisi digital internasional yang disiarkan dalam format 16:9 (TV biasa 4:3) dan surround-sound 5.1 Dolby Digital. TV digital memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi dari standar lama. Penonton melihat gambar berkontur jelas, dengan warna-warna matang, dan depth-of-field yang lebih luas daripada biasanya. HDTV memiliki jumlah pixel hingga 5 kali standar analog PAL yang digunakan.

Analog

Televisi analog mengkodekan informasi gambar dengan memvariasikan voltase dan/atau frekuensi dari sinyal. Seluruh sistem sebelum Televisi digital dapat dimasukan ke analog. Sistem yang dipergunakan dalam televisi analog NTSC (national Television System Committee), PAL, dan SECAM.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

REST API CodeIgniter 4 CRUD