Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

Tugas 2 Kelompok Grafik Komputer 1

Kelas 3IA16
Anggota Kelompok :
M Ikhbal Setiawan         - 56414238
M Reza Susanto P        - 56414249
Mohammad Adhya N    - 56414771
Puji Prasetyo                 - 58414548
Ridwan Akbar P            - 59414312

Pada postan kali ini akan dibahas tentang objek 3D. Untuk memproyeksikan objek 3D terdapat beragam variasi yaitu proyeksi 3D paralel dan proyeksi 3D perspektif.

Pada proyeksi 3D paralel adalah jarak antara titik tengah(sumbu utama) proyeksi dengan bidang proyeksi tak hingga(infinite). Dengan kata lain bahwa dalam pembuatan 3D paralel tidak diketahui dimana titik sumbunya berada.


Sedangkan pada proyeksi 3D perspektif adalah hubungan antara titik tengah(sumbu utama) proyeksi dengan bidang proyeksi mempunyai jarak hingga(infinite). Maksudnya objek 3D akan mempunyai garis yang menuju titik sumbu. Sehingga jika objek semakin mendekat ke titik sumbu maka objek akan terlihat kecil.

Selanjutnya dalam grafkom terdapat yang namanya Transformasi. Transformasi artinya perubahan, transformasipun memiliki 3 aspek antara lain translasi, rotasi dan scale.
Translasi adalah perpindahan objek dari suatu titik ke titik koordinat yang lain.
Rotasi adalah perputaran pada sebuah objek.
Scale adalah perubahan ukuran pada sebuah objek.

Untuk Kubus Paralel




Untuk Kubus Perspektif





Untuk Limas dan Kubus Paralel yang Berotasi


Outputnya sengaja saya videokan agar terihat bahwa objek berotasi, limas berotasi dengan sumbu x dan kubus berotasi dengan sumbu y. Untuk kodingan di atas saya lampirkan pada drive saya, bisa dilihat disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

REST API CodeIgniter 4 CRUD