Stratifikasi Sosial



Assalamu’alaikum sobat coretan Si Nyoreid......

Hei,.. sobat si nyoreid apa kabar dirimu sekalian ? Kali ini saya akan memposting sebuah cerita yang gak kalah menarik dari postingan bulan lalu. Yupp sekarang saya akan mengambil tema tentang stratifikasi sosial atau biasa yang lebih akrab disebut pengkastaan yaitu level-level pada sosial.


Pengertian Stratifikasi Sosial : pembedaan anggota masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.

Kriteria Stratifikasi Sosial :
1. Kekayaan
a. Orang kaya
b. Orang miskin

2. Kekuasaan
a. Presiden
b. Gubernur dan seterusnya sampai Rakyat

3. Ilmu Pengetahuan
a. Pendidikan Tinggi
b. Pendidikan Menengah
c. Pendidikan Dasar


4. Kehormatan

a. Orang yang banyak jasanya
b. Orang biasa



   Oke itu saya kasih sedikit teorinya boleh dapat dari sosialsosiologi.blogspot.com/2013/01/stratifikasi-sosial.html. Terkadang teori ngak selalu sama dengan kenyataan, apalagi ilmu sosial yang tidak mutlak. 


      Dalam lingkungan daerah rumah saya sendiri termasuk dalam kriteria yang pertama. Saya rasa bukan di daerah rumah saya saja tapi sobat sekalian juga kekayaanlah yang paling menonjol dalam stratifikasi sosial. Kenapa bisa masuk ke dalam kriteria yang pertama ? Jelas semua orang pasti ingin hidup yang serba terpenuhi dan lengkap. Kita semua bisa melihat orang kaya pasti memiliki mobil, rumah mewah, barang-barang rumah yang serba merk terkenal dan makanpun yang eliet pastinya. 




Walau pendidikannya menengah tetapi punya mobil (entah mobilnya boleh kredit atau tidak) yang jelas dia punya, pasti anggapnya dia sebagai orang kaya. Ini contoh realita di rumah saya, pemilik toko matrial yang pendidikannya tidak sampai perguruan tinggi. Tetapi dia pengusaha yang sangat ulet dan tekun, sebelas duabelaslah dengan “Tukang Bubur Naik Haji”. :)



Tetapi tidak semua orang memilki sifat yang sama, ada orang kaya yang hidupnya sederhana tidak muluk-muluk intinya dia menyembunyikan kriteria kekayaan yang dia miliki. Itu sebagian kecil aja, menurut saya siihh sebagian besar orang kaya gengsi untuk hidup seperti itu karena ingin diakui dan dihormati oleh warga sekitarnya. 

 Dari jaman Indonesia merdeka hingga saat ini stratifikasi masih ada dan mungkin tidak akan terhapus. Stratifikasi ini bisa menimbulkan sebuah masalah yang besar jika kita tidak menjauhi sikap sombong dan ria. Soo walaupun kita tidak satu, ada yang kaya dan ada yang miskin mari kita hidup berdampingan dan saling menjaga sikap agar hidup menjadi damai dan tenang. 

 Sekian postingan saya kali ini, jika ada salah kata dan ketik mohon dimaafkan sobat. Jika ada yang mau menanggapi silahkan sobat berikan di kolom komentar. :D 

Wassalamu’alaikum sobat,......



Komentar

Posting Komentar

Mari tukar pendapat, tapi jangan tukar pendapatan ;)

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

REST API CodeIgniter 4 CRUD