Seminar Lingkungan Hidup


“Menumbuhkan Kreativitas Generasi Muda Dalam Mengelola Lingkungan Hidup”


Pembicara :
Baron Noorwendo (The Garbagepreneur Bank Sampah WPL Depok)
M. Imam Samiaji (Duta Lingkungan Hidup Depok 2014)
Cassandra Gitaputri (Finalis Mpok Depok 2014)


Isi Seminar :
Tentang lingkungan di kota Depok saat ini memiliki peraturan bahwa harus ada 30% ruang terbuka hijau, tetapi faktanya kurang dari 10% ujar Imam Samiaji. Pak Baron juga menambahkan dari pegalamannya bahwa dulu jalur angkutan yang ada hanya mikrolet sedangkan pada jaman sekarang jalur angkutan sudah banyak sekali dan paling mengenaskan di depok yang cukup luas daerahnya hanya memiliki satu taman yaitu taman gurame.

Mengenai prestasi kota Depok menurut Imam sebelum tahun 2007 kota Depok adalah kota paling kotor, setelah tahun 2007 barulah kota Depok menjadi kota terbaik seIndonesia dan pada tahun 2013 sampai sekarang kota Depok mendapatkan piala adipura dengan mengerakkan program “Menanam 1000 Pohon” yakni setiap warga Depok wajib satu orang satu pohon.

Organisasi yang bergerak dalam lingkungan hidup di kota Depok banyak sekali salah satunya yaitu The Garbagepreneur Bank Sampah WPL Depok. WPL itu sendiri memiliki kepanjangan Warga Peduli Lingkungan. Salah satu kegiatan yang sedang trend di seluruh Indonesia yakni untuk memafaatkan sampah. Pak Baron menceritakan bahwa awalnya kegiatan ini berawal dari Bantul Yogyakarta. Dengan tujuan merubah mindset orang dengan mengubah sampah dari barang yang dianggap jorok dan tak berguna menjadi sebuah barang yang bermanfaat.

WPL ini awalnya terbentuk dari anggota yang seRW rumah Pak Baron dan tidak menjadikannya barang untuk dijual. Tetapi lama-kelamaan pada tahun 2012 WPL mengumpulkan sampah untuk diproduksi menjadi barang yang bermanfaat yang memiliki harga jual. Saat ditanya tentang penjualan Pak Baron mengatakan yang membeli produk mereka kebanyakan ialah orang luar negeri yang langsung ke kampong Bintara tempat kediaman Pak Baron.

Pak Baron memberikan kiat-kiat agar kita menjadi sosok yang kreativ :
Yang pertama ialah niat
Yang kedua kalau kau senang saya pun senang, kalau kau susah saya pun lebih senang. Menurut Pak Baron ini merupakan prinsip dari ekonomi kreativ karena gara-gara ada orang yang susah itulah lapak yang sangat menjanjikan.
Yang ketiga yaitu 3P kepanjangannya ialah People, Planet dan Profit. Dimana ada orang disitulah lapaknya yang menghasilkan keuntungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

REST API CodeIgniter 4 CRUD