Studi Kasus Permasalahan yang Berhubungan dengan Internet dan Web Design

Sebelum membahas kasus saya ingin memberitahu pengertian dari web design. Web design adalah istilah umum yang digunakan untuk mencakup bagaimana isi web konten ditampilkan, (biasanya berupa hypertext atau hypermedia) yang dikirmkan ke pengguna akhir melalu world wode web, dengan menggunakan sebuah browser web atau perangkat lunak berbasis web.

Kali ini saya akan membahas tentang website yang tidak asing lagi bagi mahasiswa Gunadarma yaitu adalah studentsite. Loh kenapa studentsite yang bakal saya bahas, karena gini dalam ilmu web design itu ada beberapa penilaian, yaitu antara lain :
1. Memiliki penampilan yang menarik
2. Memiliki konten yang baik
3. User-Friendly
4. Search Engine Optimized (SEO)


Ok bagi kalian yang masuk kuliah di tahun 2015 mungkin ngak tahu bagaimana website studentsite yang dulu. Mungkin gambarnya bisa searching di google. Tetapi untuk pengalaman pengguna kalian nga akan bisa ngerasain.

Ini gambar saya boleh dapat dari google, menurut kalian bagaimana ni dengan tampilan website yang dulu? Mungkin pada masanya segini sudah cukup keren dan wow. Tapi kalo sekarang ya jelas kelihatan kurang karena kampus kita segalanya berbasis IT.


Nah ini tampilan websitenya yang telah diupdate kurang lebih pada tahun 2014 mulai diganti seperti ini. Menurut pengamatan saya kenapa pada website studentsite dirubah karena jika kita lihat di jaman sekarang orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, sebab internet telah ada pada setiap gengaman masing-masing orang. Smartphone merupakan barang yang sangat penting bagi kita untuk mencari segala informasi yang kita butuhkan. Maka dari itu web ini dikembangakan lebih lanjut dengan memperhatikan aspek, salah satunya yaitu dari aspek responsive jika kita buka web ini dari komputer atau laptop maka tampilan penuh seperti gambar diatas.

Gambar ini merupakan hasil dari kita membuka website di smartphone, jadi halaman webnya hanya jadi satu kolom biasa disebut dengan tampilan versi mobile. Jika website ini tidak dikembangakan atau mempertahankan yang dulu maka anda bisa bayangan dari sisi pengalaman pengguna pastinya tidak nyaman dan bila dari sisi kuota data mungkin akan tersedot banyak karena web yang dulu belum ada tampilan versi mobilenya.

Lanjut lebih dalam lagi kita akan melihat teknologi apa yang digunakan di website ini. Caranya sangat mudah saya hanya menginstal addons atau ekstensi Wapplyzer. Addons ini tersedia di Mozilla, Chrome dan lain nya. Setelah terinstal maka kita bisa lihat di pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.

Kita bisa lihat servernya menggunakan apache mungkin databasenya masih menggunakan mysql, bahasa yang digunakan yaitu php, lalu menggunkan bootstrap kalian pasti sudah tahu apa itu bootstrap yaitu framework yang bagus dan luar biasa yang mengedapankan tampilan untuk mobile device (Handphone, smartphone dll.) guna mempercepat dan mempermudah pengembangan website. Selanjutnya ada varnish yaitu teknologi untuk mengelola cache website tersebut. Terakhir jquery merupakan libraly javascript untuk mempermudah pembuatan sebuah website.

Inti atau kesimpulan dari studi kasus ini adalah ilmu komputer sangat cepat berkembang oleh karena itu kita harus mampu untuk menjaga jarak agar tidak tertinggal dengan perkembangan jaman. Kita harus mencari tahu atau kepo terhadap suatu produk terbaru it yang lagi nge tren itu menggunakan teknologi seperti apa. Oleh karena itu jangan pernah berhenti untuk menuntut ilmu yang terbaru atau yang orang lain belum ketahui (anti mainstream).

Daftar Pustaka:
http://www.caradesain.com/pengertian-web-design/
https://id.wikipedia.org/wiki/Perancangan_web

Komentar

Posting Komentar

Mari tukar pendapat, tapi jangan tukar pendapatan ;)

Postingan populer dari blog ini

Connection Codeigniter 4 with Postgresql

Membuat Proyeksi Objek 3D dengan OpenGL

REST API CodeIgniter 4 CRUD